Soto Batok, Kuliner Populer Jogja Kini Hadir di Kota Mataram

Gengs, kamu yang pernah tinggal atau mengunjungi Kota Jogja pasti tidak asing dengan kuliner soto batok. Itu loh, soto yang visualnya unik karena penyajiannya menggunakan mangkok batok.

Mungkin ada beberapa yang masih belum ngeh apa itu batok. Batok atau nama kerennya adalah tempurung kelapa merupakan bagian dari buah kelapa yang keras dan diselimuti oleh sabut kelapa.

Mangkuk batok kelapa hasil kerajinan dari limbah kelapa yang bermanfaat dan berdaya jual.
Mangkuk batok kelapa hasil kerajinan dari limbah kelapa yang bermanfaat dan berdaya jual.

Batok yang semula hanyalah limbah akhirnya dimanfaatkan hingga populer menjadi bahan baku utama pembuatan berbagai kerajinan tangan. Salah satunya dimanfaatkan menjadi mangkuk batok.

Hampir seluruh wilayah di Indonesia memiliki kuliner soto khas tidak terkecuali Jogja. Berbeda dengan soto daerah lain, soto Jogja cenderung berkuah bening. Kuah bening menciptakan cita rasa segar, ringan cocok sekali menjadi menu pilihan untuk sarapan, makan siang pun makan malam. Cara umum untuk menikmati soto dengan menambahkan perasan jeruk nipis, sambal serta kecap. Namun tambahan bumbu-bumbu tersebut sesuai selera ya, ada juga yang lebih suka soto beningan atau tidak ditambah apa-apa.

Nasi soto yang disajikan di dalam mangkok batok memberikan kesan tradisional.
Nasi soto yang disajikan di dalam mangkok batok memberikan kesan tradisional.

Bicara tentang soto batok yang populer di Jogja sana, kini warga Kota Mataram tidak perlu jauh-jauh terbang ke luar pulau untuk menikmatinya. Adalah Soto Batok Jogja Mas Joko, berlokasi di Mini Food Court Pagutan, Jalan Bung Karno Nomor 88 yang menghadirkan semangkuk soto batok populer di kota maju, religius dan berbudaya ini. Satu mangkuk soto batok ayam yang sudah termasuk nasi di warung makan ini hanya dibandrol sepuluh ribu rupiah saja. Murah bukan~

Mengusung makanan Jogja, Mas Joko selaku penjual menyajikan cita rasa otentik Jogja yang tentu digemari. Tak lupa dalam penyajiannya tetap menggunakan batok kelapa sehingga pembeli dapat merasakan pengalaman makan yang berbeda dengan menggunakan mangkuk batok yang tradisional abis. Hitung-hitung ikut menggalakkan campaign zero waste nih. Hehehe^^

Soto Batok Jogja Mas Joko buka setiap hari mulai pagi hingga sore hari. Pembeli dapat memilih untuk makan di tempat, bungkus, pun bisa mengorder lewat aplikasi go-food. Dalam beberapa waktu ini Soto Batok Jogja Mas Joko masih menggadakan promo berupa diskon sebesar 15% untuk pelajar-mahasiswa. Caranya mudah sekali hanya dengan menunjukkan kartu pelajar/mahasiswa yang masih aktif.

Yuk segera merapat ke Soto Batok Jogja Mas Joko untuk pengalaman makan yang berbeda, murah, dan kenyangnya kebangetan. Teman-teman juga dapat mengikuti instagram @sotobatok_masjoko untuk melihat update terbaru dari mereka.

Jadi sekarang sudah tidak kebingungan ‘kan mau makan di mana?

Di Soto Batok Jogja Mas Joko saja!

Rasakan kebahagiaan dalam semangkok soto batok! Selamat mencoba^^

 

Tinggalkan komentar