Low Budget: Mempersiapkan Sendiri Menu Makan Malam Romantis Bareng Pasangan

Siapa sih yang nggak pengen makan malam romantis bareng pasangan? Dengan menu makan ke barat-baratan, pokoknya beda dari hari-hari biasanya.

Saya termasuk orang yang mengimpi-impikan makan malam romantis bareng pasangan saya sejak hari pertama jadian. Tapi karena berbagai keterbatasan tapi hasrat nggak bisa ditahan akhirnya saya memutar otak. Agar saya tetap bisa makan malam malam romantis tapi budget saya mencukupi.Dan ya, tercetuslah ide untuk mempersiapkan semuanya sendiri.

Kebetulan yang saya dan pasangan titik beratkan adalah menu makan malamnya. Kami ingin menu makanan kebarat-baratan. Lengkap dari appetizer sampai dengan dessert. Saya merasa beruntung punya skill masak pas-pasan. Akhirnya berguna juga untuk hal-hal seperti ini.

Nah, apa sih menu makan malam romantis kami kala itu:

  1. Appetizer: Egg Drop Corn Soup
  2. Main Course: Garlic Butter Chicken Steak with Carrot Puree and Garlic Baby Potato
  3. Dessert: Layer Chocco Pudding with Dragon Fruit Sauce
  4. Beverage: Mocktail Virgin Mojito

Percaya atau tidak, kami menghabiskan uang tidak lebih dari 100 ribu untuk membeli segala bahan yang akhirnya disulap menjadi satu set menu makan malam seperti ini. Menghabiskan waktu lebih kurang satu jam untuk menyelesaikan proses memasak, mulai dari menu appetizer hingga dessert dan minumannya.

Well, selama proses memasak yang yang lebih banyak memegang kendali. Mas Joko-calon suami saya- tipikal pria yang tidak fasih bermain dengan spatula, wajan serta tetek bengeknya. Tapi dia cukup handal menjadi helper. Mana saja yang saya minta untuk disiapkan, dicuci, dikuliti atau dipotong maka dia akan dengan sigap melakukannya.

Saya memasak makanan pembuka sederhana Egg Drop Corn Soup. Bahan-bahannya sederhana, hanya jagung, telur, tepung maizena, garam dan lada. Cara memasaknya juga tidak sulit.

  • Pertama, panaskan air hingga mendidih kemudian masukkan telur. Aduk hingga telur menjadi gumpalan-gumpalan.
  • Kemudian masukkan jagung yang sudah dipipil. Saya menggunakan jagung manis. Terus aduk agar sup tidak meluap.
  • Ambil satu sendok tepung maizena, masukkan dalam mangkuk kecil dan beri air. Aduk-aduk hingga tidak ada bubuk tepung yang menggumpal.
  • Masukkan larutan tepung maizena ke dalam sup yang sudah mendidih. Terus aduk sup hingga mengental kemudian matikan api.
  • Sup siap disajikan.
Sup jagung telur ini menjadi makanan pembuka untuk menaikan selera makan.
Sup jagung telur ini menjadi makanan pembuka untuk menaikan selera makan.

Main Course, atau hidangan utama makan malam kami adalah Garlic Butter Chicken Steak with Carrot Puree and Garlic Baby Potato. Saya menggunakan daging dada ayam sebanyak 1/2 kg yang dibanderol dengan harga 20 ribu rupiah. Selain itu saya menggunakan saus wortel, sedang makanan pendampingnya adalah baby potato dan jagung sisa membuat sup.

  • Pertama, fillet daging dada ayam. Jangan terlalu tipis agar ada rasa juicy di dalam mulut ketika memakannya.
  • Marinasi/bumbui daging dada ayam dengan lada hitam dan garam. Diamkan selama 15-25 menit.
  • Cacah halur bawang putih. Bawang putih ini akan digunakan untuk proses masak dada ayam dan baby potato.
  • Panaskan butter dan masukkan cacahan bawang putih, tumis hingga wangi kemudian masukkan daging ayam yang sudah selesai dimarinasi ke dalam wajan.
  • FYI, saat memanggang daging dada ayam, usahakan untuk tidak memasaknya dalam waktu lama. Agar daging tetap lembut dan juicy.
  • Untuk sausnya saya memilih saus wortel atau carrot puree. Cara membuatnya mudah. Rebus wortel, kemudian blender dengan butter sampai halus.
  • Adonan puree yang sudah halus dimasak hingga mengental. Jangan lupa tambahkan garam dan lada ya.
  • Untuk baby potato, dimasak dengan cara yang sama dengan saat memasak daging. Jangan lupa, sebelumnya kentangnya harus direbus dulu ya.
  • Semua menu yang sudah matang siap disajikan di piring.
Perpaduan daging ayam panggang dengan puree wortel menciptakan sensasi rasa yang tidak bisa dilupakan.
Perpaduan daging ayam panggang dengan puree wortel menciptakan sensasi rasa yang tidak bisa dilupakan.

Dessert yang kami siapkan juga tidak susah-susah. Tapi kali ini saya sudah memasaknya lebih dulu dari menu yang lain. Adalah Layer Chocco Pudding with Dragon Fruit Sauce. Nah pudding, pasti teman-teman sudah tahu bagaimana membuatnya. Tapi saya tetap berbaik hati akan memberitahu resepnya.

  • Campur bubuk pudding dengan gula sesuai selera.
  • Tambahkan dua gelas air. Nyalakan kompor, aduk-aduk terus hingga mengental.
  • Layer pertama saya menggunakan pudding cokelat original dengan memasukkan adonan puding yang sudah matang mengisi seperempat badan gelas.
  • Masukkan ke dalam kulkas, tunggu hingga memadat lantas masukkan biskuit yang sudah dihaluskan.
  • Masukkan lagi ke dalam kulkas hingga memadat kemudian masukkan layer kedua. Teruskan hingga layer ketiga.
  • Untuk garnish saya beri cococrunch.
  • Lalu di atasnya beri saus buah naga yang terbuat dari buah naga yang dicampur gula.
  • Percantik dengan daun mint.
Setelah makanan pembuka dan utama yang gurih saatnya memanjakan lidah dengan citarasa manis segar dari puding.
Setelah makanan pembuka dan utama yang gurih saatnya memanjakan lidah dengan citarasa manis segar dari puding.

Setelah semua makanan selesai memasak saatnya mengatur meja. Saya tidak ingin ribet-ribet. Hanya memakai meja lipat kemudian mengatur piring-piring menu makanan saya secara simetris agar enak dipandang.

IMG_20190808_194217

Menu makan malam romantis buatan sendiri untuk dinikmati bersama pasangan

Bagaimana? Mudah namun menggiurkan bukan?

Mempersiapkan sendiri menu makan malam romantis bersama pasangan juga akan meninggalkan kesan mendalam loh. Selama memasak teman-teman dan pasangan dituntut untuk saling kerjasama, dimana bisa tercipta romansa yang menghangatkan hati.

Yuk, siapkan sendiri makan malam romantismu bersama pasangan. Nikmati kebersamaan kala mempersiapkan segalanya agar menjadi sebuah kenangan yang menyenangkan dan berharga.

2 Comments

Tinggalkan komentar