Lombok, Pulau Berjuluk Surga yang Wajib Dikunjungi

Tarian tradisional Lombok yang ditarikan oleh pemudi-pemudi pada berbagai acara (Credit: www.apwtour.com).

Libur telah tiba, libur telah tiba, hore… hore.. hore…

Sepenggal lirik dalam lagu Libur Telah Tiba yang dinyanyikan oleh Tasya *kala masih menjadi penyanyi cilik* selalu menjadi backsong langganan ketika musim liburan akan segera tiba. Menikmati saat-saat libur sambil mengeksplorasi tempat baru merupakan kegiatan menyenangkan. Wajib untuk beberapa orang.

Beruntung bagi mereka yang hidup di Indonesia. Dikenal luas sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki ribuan pulau indah yang memiliki daya pikat.

Lombok, sebuah pulau cantik di bagian timur Indonesia yang menjadi daerah tujuan wisata banyak wisawatan lokal maupun mancanegara. Berbagai aktivitas wisata dapat dilakukan di Lombok. Mengingat bahwa Pulau Lombok tidak hanya kaya oleh keindahan alam, tapi juga budaya, sejarah, kuliner dan kerukunan antar umat beragama yang hidup harmonis.

Bagi yang sedang mempersiapkan liburan, suatu keharusan untuk memasukkan Lombok dalam daftar destinasi wisata wajib kunjung. Mengapa? Yuk, cari tahu di sini:

Pantai Eksotis

Pantai Seger, salah satu pantai eksotis di Lombok yang wajib dikunjungi.
Pantai Seger, salah satu pantai eksotis di Lombok yang wajib dikunjungi. (Cred: http://www.apwtour.com)

Lombok terkenal akan jajaran pantai-pantai eksotis yang menjadi primadona di mata para pelancong. Di Lombok kamu memang bisa menemukan pantai-pantai berpasir putih nan eksotis dengan amat mudah. Termasuk saat kamu di pusa. Berbagai aktivitas bisa dilakukan antara lain bermain air, berjemur, berpiknik dan memancing. Dan khusus jika kamu mengunjungi pantai-pantai di selatan Lombok, kamu bisa merasakan sensasi surfing loh. Kamu akan menyesal jika tidak mengunjungi Lombok!

Keindahan Bawah Laut

snorkeling apw 1
Snorkeling menikmati keindahan bawah laut Pulau Lombok (Cred: http://www.apwtour.com).

Sempat bicara tentang pantai eksotis, tidak lengkap jika tidak membicarakan tentang keindahan bawah laut Pulau Lombok. Bagi pecinta olahraga air seperti snorkeling dan diving maka Lombok adalah destinasi wisata yang patut kamu tuju. Di Lombok ada banyak spot diving serta snorkeling yang akan memanjakan inderamu. Berenang di lautan biru jernih, bertemu ikan-ikan kecil, melihat terumbu karang menjadi rangkaian aktivitas yang sangat menyengkan. Eits, jangan sampai kehilangan momen bertemu kura-kura ya.

Alam yang Lestari

Pemandangan kebun berlatar pegunungan indah di Sembalun .
Pemandangan kebun berlatar pegunungan indah di Sembalun (cred: http://www.apwtour.com)

Tak bisa dipungkiri kalau alam juga menjadi salah satu daya tarik yang membuat wisatawan berduyun-duyun datang ke suatu daerah. Termasuk juga Lombok yang tersohor akan keindahan alamnya. Mereka yang mengunjungi Lombok selalu dibuat takjub oleh jajaran pegunungan yang mengelilingi Lombok, Gunung Rinjani dan hutan-hutan lindung yang masih lestari. Untuk mereka yang berasal dari kota besar, menginjakkan kaki di Lombok termasuk upaya ‘penyembuhan’.

Kaya Budaya

DSC01795
Tarian tradisional Lombok yang ditampilkan pada berbagai acara.

Suku Sasak yang merupakan suku asli penghuni Pulau Lombok terkenal sebagai salah satu suku di Indonesia yang masih memegang teguh adat dan budaya. Berbagai tradisi adat yang masih dilakukan antara lain tradisi begawe (hajatan) besar suku Sasak, merariq (pernikahan), nyongkolan, muludan, dan masih banyak lagi. Selain itu tari-tarian dan kesenian tradisional juga masih lestari. Contohnya gendang beleq yang selalu ada dalam berbagai prosesi adat atau tari perese’an yang bisa ditemukan dengan amat mudah di salah satu desa adat yaitu Desa Adat Sade, Rembitan.

Kuliner Khas

Ayam Taliwang kuliner khas Lombok yang ikonik (Cred: www.apwtour.com).
Ayam Taliwang kuliner khas Lombok yang ikonik (Cred: http://www.apwtour.com).

Mengunjungi suatu daerah, tidak lengkap kalau belum menikmati kuliner khasnya. Lombok punya banyak kuliner khas nikmat yang wajib dicoba. Beberapa kuliner ikonik Lombok seperti Ayam Taliwang, Pelecing Kangkung, Sate Bulayak sudah banyak dikenal dan mereka yang mengunjungi Lombok juga harus menikmati sajian khas Lombok yang lain. Dijamin, ketagihan.

So, masih belum memasukkan Lombok ke dalam daftar daerah tujuan wisata untuk liburan? Jangan sampai menyesal. Berani taruhan, Lombok tidak akan membiarkanmu pulang….

Selamat liburan…

Libur telah tiba, libur telah tiba, hatiku gembira…..

 

 

Tinggalkan komentar