Menikmati Kuliner Garang Asem di Warung Makan Mbak Ping, Purwodadi Grobogan

Mendengar nama Purwodadi, pasti banyak yang langsung menghubung-hubungkan dengan sajian khas kuliner swieke. Eits, Purwodadi tidak hanya hanya punya swieke loh. Ada lagi kuliner yang tidak boleh dilewatkan yaitu Garang Asem.

Mendengar namanya, pasti teman-teman membayangkan masakan bercita rasa asam. Yep, benar sekali. Sajian berkuah yang menjadi satu dari sekian makanan favorit masyarakat Purwodadi Grobogan ini memiliki cita rasa asam, gurih, manis dan tidak lupa pedas. Garang Asem cocok bersanding dengan nasi panas. Apalagi bila disantap pada jam makan siang.

Garang asem sendiri sejatinya tidak hanya bisa ditemukan di daerah Purwodadi Grobogan. Di daerah-daerah lain seperti Kudus, Solo, Semarang serta daerah Jawa Tengah lainnya juga bisa ditemukan garang asem. Pun tiap-tiap daerah memiliki garang asem khas tersendiri. Varian yang bisa ditemukan seperti Garang Asem Santan, Garang Asem Bening, ada pula Garang Asem Ati Ampela dan lain-lain.

Untuk saya sendiri, saya lebih cenderung suka dengan garang asem bening dan ati ampela. Salah satu tempat makan yang menjadi tempat favorit saya jika ingin menikmati garang asem adalah Warung Makan Mbak Ping, Purwodadi. Warung makan ini langganan kedua orangtua saya dan selalu jadi tempat favorit kami.

Mencari lokasi Warung Makan Mbak Ping tidaklah susah. Lokasinya berada di kawasan Pasar Induk Purwodadi. Pun Warung Makan ini lumayan terkenal di kalangan warga Purwodadi. Jadi dijamin tidak akan kesulitan untuk menemukan tempatnya.

Warung Makan Mbak Ping lengang selepas jam makan siang kantor.
Warung Makan Mbak Ping lengang selepas jam makan siang kantor.

Di Warung Makan Mbak Ping, garang asem menjadi menu andalan yang ramai diburu. Utamanya pada jam makan siang. Beruntungnya siang itu, saya datang saat jam makan siang sudah berakhir hingga tidak harus mengantri untuk mendapatkan  satu porsi Garang Asem dan sepiring nasi putih panas.

Garang Asem di Warung Makan Mbak Ping khas dengan cabai rawit yang dibiarkan utuh.
Garang Asem di Warung Makan Mbak Ping khas dengan cabai rawit yang dibiarkan utuh.

Garang asem di Warung Makan Mbak Ping berbahan dasar ayam kampung. Ayam kampung ini kemudian dibumbui dengan berbagai bumbu seperti bawang merah, bawang putih, rempah-rempat seperti lengkuas, serai, daun salam dan bumbu penyedap lain serta tidak lupa tomat atau belimbing wuluh yang membuat garang asem bercita rasa asam. Garang asem kemudian dibungkus menggunakan daun pisang lantas dikukus. Daun pisang ini membuat garang asem memiliki aroma wangi khas. Membuat nafsu makan bertambah.

Yang saya suka dari garang asem di Warung Makan Mbak Ping adalah cabai rawit yang dibiarkan utuh. Sehingga pembeli yang tidak suka pedas tetap bisa menikmati garang asem.

Selain Garang Asem, di Warung Makan Mbak Ping teman-teman dapat mencoba berbagai makanan khas Jawa.

Becek di Warung Makan Mbak Ping.

Ada juga becek. Sajian satu ini juga jadi favorit warga Purwodadi Grobogan. Bahan utamanya adalah daging sapi atau kambing. Kuliner berkuah ini identik dengan rasanya yang asam, gurih dan pedas. Nikmat sekali pokoknya… *next saya akan review becek deh*

Kalau teman-teman berada di sekitar di Kota Purwodadi tidak ada salahnya mampir sejenak menikmati garang asem. Siapkan diri pula untuk dibuat ketagihan oleh kuliner nikmat satu ini ya.

Selamat mencoba^^

4 Comments

Tinggalkan komentar